Perayaan Halloween di YIS (Yogyakarta Independent School) - Bunda Cory - Berbagi Cerita Seputar Parenting Dan Lifestyle
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perayaan Halloween di YIS (Yogyakarta Independent School)

Perayaan Halloween di Sekolah YIS (Yogyakarta Independent School) diikuti oleh semua siswa, orang tua dan guru



Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 31 Oktober, banyak negara di berbagai belahan dunia merayakan Halloween. Di Indonesia sendiri, Halloween memang tidak dirayakan, namun beberapa tempat atau sekolah ada yang merayakannya. Yogyakarta Independent School (YIS) adalah sekolah internasional di Yogyakarta yang turut merayakan Halloween. Tahun ini perayaan tersebut diselenggarakan pada hari Jum'at 3 November 2023 bertempat di kampus YIS yang berlokasi di Jalan Tegal Mlati 1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman. Perayaan yang dimulai pukul 17.00 dan berakhir pada pukul 21.00 ini diikuti oleh semua siswa dari jenjang Early Years hingga Diploma Programme (SMA), para guru dan karyawan, juga para orang tua murid. 

Perayaan Halloween ini merupakan acara tahunan di sekolah internasional YIS. Tema inspiratif pada perayaan Halloween tahun ini adalah "Night In The Jungle" yang berarti malam hari di hutan. Pada hari itu, semua guru, siswa beserta orang tua telah berkumpul bersama dengan penampilan yang tidak biasa. Seluruh warga sekolah Yogyakarta Independent School terlihat sangat antusias dan bersemangat dengan memakai berbagai macam kostum menyeramkan dalam memeriahkan perayaan Halloween. Semua yang datang di acara tersebut berdandan memakai kostum seperti hantu, penyihir, zombie, karakter fiksi dan masih banyak lainnya.




Dilansir dari history.com, tradisi Halloween ini bermula dari festival Celtic kuno Samhain. Pada saat itu, orang-orang menyalakan api unggun menggunakan kostum, dengan tujuan untuk mengusir hantu. Pada abad ke-8, Paus Gregorius III menetapkan 1 November sebagai All Saints Day atau All Hallows yaitu hari perayaan orang-orang kudus. Hal ini membuat perayaan menjadi 31 Oktober malam. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Halloween berkembang menjadi hari kegiatan yang menyenangkan, seperti pesta kostum, mengukir labu dan juga banyak permen serta cokelat.


Pada perayaan Yogyakarta Independent School Halloween ini, para siswa secara kreatif memadukan akar budaya mereka sendiri dengan tradisi Halloween.

Susunan acara perayaan Halloween di Yogyakarta Independent School yaitu meliputi:

  • Pukul 17.00 WIB: meet and greet (bertemu dan menyapa)

Para hadirin yang datang di acara perayaan Halloween saling bertemu dan menyapa serta ada juga yang saling bercerita.

  • Pukul 17.30 WIB: Photo sessions (sesi foto)

Pada saat keseruan berfoto ria, tidak kalah seru juga saya menyempatkan berfoto dengan salah satu guru di sekolah internasional tersebut.

 
 

  • Pukul 18.00 WIB: Haunted House (Rumah Hantu)

Pada sesi ini termasuk kegiatan yang seru dan menantang, dimana semua siswa, orangtua dan guru secara bergantian sesuai dengan kelompok kelasnya memasuki rumah hantu yang telah didekorasi dan disiapkan dengan penuh misteri serta telah membuat orang pada senam jantung. 

  • Pukul 19.15 WIB: Potluck Dinner (Makan malam)

Pada sesi ini, semua hadirin makan malam dengan berbagai menu sederhana dan cukup menarik, antara lain kue sejenis cup cake unik yang berbentuk kucing gotik, buah-buahan seperti jeruk yang dihias khas Halloween, dimsum, kue tradisional Indonesia, Spaghetti, masakan Indonesia antara lain nasi goreng, permen dan berbagai macam cokelat.


  • Pukul 20.30 WIB: Halloween Prizes for Best Costumes and Pumpkin Carvings (pemberian hadiah Halloween untuk kostum dan ukiran labu terbaik)

 

Halloween tidak hanya identik dengan kostum yang menyeramkan, namun juga Jack O'lantern atau lentera berbentuk labu yang diukir sehingga memiliki mata menyeramkan dan bibir yang menyeringai.

Tidak hanya seru, dengan ikut serta perayaan Halloween, semua partisipan khususnya para siswa ikut merasakan dampak positif, antara lain yaitu:

  • Dapat memicu kreativitas anak
Tingkat kreativitas anak diuji saat sedang mempersiapkan perayaan Halloween. Bagaimana tidak? Saat perayaan akan diadakan di sekolah, anak dapat berimajinasi untuk memakai kostum yang diinginkannya. Dari sini, anak dapat belajar memilih model yang dirinya inginkan, seperti apa bentuknya hingga berusaha mencoba membuatnya sendiri. 
  • Dapat meningkatkan kepercayaan diri anak
Selain dapat meningkatkan daya kreativitas, anak-anak yang terlibat di perayaan Halloween akan pelan-pelan melatih kepercayaan dirinya. Pemilihan kostum yang dipilih langsung dari keinginannya tentu dapat meningkatkan kepercayaan diri. Pesta kostum pada saat perayaan Halloween dapat melatih keterampilan sosial dengan cara yang berbeda. Mulai dari belajar berusaha percaya diri terhadap penampilan diri sendiri hingga fasih menjelaskan kostum yang sedang dikenakan.
  • Terapi dalam mengurangi rasa takut
Ketakutan terhadap hal yang menyeramkan seperti monster atau hantu biasanya wajar terjadi pada anak-anak. Saat anak ikut terlibat dalam sebuah perayaan Halloween, maka ini waktunya orangtua dan guru berusaha menghilangkan rasa ketakutannya. Sebelum berangkat ke acara Halloween, kita sebagai orang tua harus bisa memberikan penjelasan kepada anak bahwa Halloween itu acara yang menyenangkan, apalagi teman-teman seusianya menggunakan berbagai jenis kostum.

Walau beberapa penampilan kostum terbilang menyeramkan, tetapi anak dapat belajar untuk tetap berani. Jika anak kita memiliki fobia dengan badut, lalu ada temannya yang menggunakan kostum badut saat perayaan Halloween, maka kita sebagai orang tua harus dapat membantu anak dalam menghilangkan fobia atau perasaan takutnya secara pelan-pelan.  Ajak anak berdekatan hingga berinteraksi dengan badut. Tanamkan pada anak bahwa badut yang ada di hadapannya kini merupakan temannya sendiri dengan sebuah kostum. Walau tidak mudah, tetapi yakinkanlah anak dengan sabar. 

Untuk mengurangi rasa takutnya, anak harus dibuat nyaman terlebih dahulu. Ketika hal itu sudah didapat oleh dirinya, maka anak akan paham kalau badut itu tidak semenakutkan apa yang dirinya kira selama ini.
  • Anak dapat belajar bekerja sama
Anak-anak yang mengikuti pesta Halloween terkadang tidak hanya saling memamerkan kostum terbaik saja. Namun, dalam perayaan Halloween anak-anak akan melakukan kegiatan seru bersama teman-temannya, seperti membuat prakarya mengukir labu Halloween dan membuat properti atau aksesoris Halloween. Selain itu, anak juga dapat belajar mengikuti instruksi yang diberikan oleh pengarah selama kegiatan berlangsung.
  • Mampu meningkatkan bonding antara orangtua dengan anak

Saat orangtua dan anak mempersiapkan berbagai keperluan untuk perayaan Halloween, secara tidak langsung dapat meningkatkan bonding yang semakin mempererat hubungan, lho.

Demikian cerita keseruan perayaan Halloween di YIS. Bagaimana perayaan Halloween di sekolah kalian? Apakah juga unik, seru dan menghibur? Selain perayaan Halloween, masih banyak kegiatan dan acara menarik lainnya di YIS yang tentunya kualitas pembelajaran dan metode pendidikannya sudah tidak diragukan lagi.

Yogyakarta Independent School (YIS) adalah sebuah sekolah internasional yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Sekolah ini menyediakan pendidikan berbasis kurikulum internasional dan menerima siswa dari berbagai latar belakang budaya. Siswa di YIS biasanya berasal dari keluarga yang memiliki hubungan dengan komunitas internasional, seperti ekspatriat yang bekerja atau tinggal di Yogyakarta.

Yogyakarta Independent School mengikuti kurikulum internasional, yaitu International Baccalaureate (IB). Ini bertujuan untuk memberikan siswa pendidikan yang berfokus pada standar internasional dan persiapan untuk studi lanjutan di luar negeri.

Sekolah Internasional seperti YIS ini menawarkan lingkungan yang beragam dan peluang untuk berinteraksi dengan siswa dari berbagai negara, yang dapat memperluas wawasan siswa tentang budaya, bahasa, dan pemahaman dunia. Selain itu, sekolah ini memiliki fasilitas yang baik dan dukungan untuk pengembangan siswa dalam berbagai bidang, termasuk olahraga, seni, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Yogyakarta Independent School, seperti program pendidikan yang ditawarkan dan persyaratan pendaftaran dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi disarankan untuk mengunjungi situs web resmi sekolah https://yis-edu.org dan akun instagram https://instagram.com/yogyakartaindependentschool atau dapat juga datang langsung ke sekolah YIS untuk informasi terkini.

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat. Aamiin... 👐😊

Posting Komentar untuk "Perayaan Halloween di YIS (Yogyakarta Independent School)"