Science Fair 2022 - Yogyakarta Independent School (YIS) - Bunda Cory - Berbagi Cerita Seputar Parenting Dan Lifestyle
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Science Fair 2022 - Yogyakarta Independent School (YIS)


Senin pagi, pada tanggal 5 Desember 2022, sungguh pagi yang cerah. Alhamdulillah saya berkesempatan mengunjungi sebuah sekolah internasional yang ada di Yogyakarta, yaitu YIS (Yogyakarta Independent School). Lokasinya tak jauh dari pusat kota, yaitu berada di Jalan Tegal Mlati No. 1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Jarak dari rumah tempat tinggal saya menuju ke Yogyakarta Independent School sangat jauh yaitu sekitar 34 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit. Kendati demikian, tidak menyurutkan semangat dan antusias saya dalam memanfaatkan kesempatan berharga ini. Sungguh senang rasanya dan merasa beruntung dapat hadir di event Science Fair 2022 yang diselenggarakan oleh YIS karena kesempatan ini belum tentu datang dua kali.

Gedung YIS

Kampus YIS tidak terletak di jalan utama atau jalan raya, sehingga saya harus masuk ke ruas jalan yang ada di sisi utara jalan ringroad utara. Karena saya berangkat dari arah barat, maka jalan masuk ke utara tersebut berada di sebelah kiri jalan ring road utara, yaitu jalan Amerta Raya. Kemudian masuk lurus terus hingga bertemu pertigaan, lalu belok ke kiri, lurus terus kira-kira 300 meter, dan lokasi YIS ada di sebelah kanan jalan.


Dengan mengikuti petunjuk rute dari Google Map, akhirnya saya sampai juga di Yogyakarta Independent School (YIS). Sesampainya di depan pagar sekolah, saya langsung segera mengeluarkan handphone saya untuk memotret gerbang depan sekolah yang sedang ada Petugas Keamanan sekolah (Security).

Pintu gerbang YIS

Petugas Keamanan yang sedang berjaga di sana langsung bergegas menyambut saya dengan senyuman ramah. Saya pun langsung menghampirinya sambil meminta ijin untuk memasuki sekolah dengan mengungkapkan alasan keperluannya, dari mana dan ingin bertemu dengan siapa. Dengan segera, saya diperbolehkan masuk, diarahkan ke tempat parkir kendaraan dan dipandu arah ke gedung sekolah, tempat di mana event YIS Science Fair 2022 dilaksanakan.


Saya ditemani oleh bapak Yeremias selaku YIS Marketing & Admission Officer pada saat acara berlangsung. Selain itu juga ada seorang siswi kelas 10, bernama Syifa yang turut memandu saya menjelajahi booth pameran sains YIS ini.

Foto bersama murid-murid kelas 10 yang menjadi panitia Science Fair 2022.
Sebelah kanan saya: Syifa & Reyhan. Sebelah kiri saya: murid keturunan Spanyol.


YIS Science Fair 2022, Perayaan World Science Day

Science Fair 2022 ini diselenggarakan dalam rangka merayakan World Science Day. Tujuan diselenggarakannya event yang luar biasa ini adalah untuk menyorot atau menggaris bawahi peran penting sains dan ilmuwan dalam kehidupan masyarakat kita. Tema pada pameran sains tahun ini adalah “The Science of Light and Colour”. Di pameran ini terdapat berbagai macam proyek sains yang telah dibuat oleh seluruh siswa YIS, mulai dari jenjang TK-SD (Early Years & Primary Years Programme), SMP (Middle Years Programme) dan SMA (Diploma Programme). Harapannya, seluruh siswa YIS yang terlibat dapat menerapkan ilmu sains yang telah dipelajari di kehidupan sehari-hari.

YIS Basketball Court


Rangkaian Acara Science Fair 2022

Acara Science Fair 2022 ini dimulai pukul 08.15 WIB di Lapangan Basket YIS (YIS Basketball Field), lantai 2 YIS. Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sekolah YIS, yaitu bapak Ismail Sumantri. Kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi singkat berupa eksperimen sains yang dipandu oleh guru mata pelajaran Kimia di YIS, yaitu ibu Josephine. Demonstrasi singkat telah berjalan dengan lancar dan cukup meriah. Tak hanya siswa, guru dan komite pameran sains yang turut serta dalam event, orang tua siswa juga turut memeriahkan acara pameran sains tersebut.Kemudian, seluruh partisipan berpindah ke bangunan joglo yang ada di lantai 1 gedung YIS untuk break (istirahat) selama 15 menit, menikmati snack yang telah disediakan oleh panitia pameran sains YIS.




Di saat sesi break (istirahat), saya sempat disapa dan diajak berkenalan dengan seorang ibu yang merupakan orang tua dari salah satu siswa YIS, Grade 12. Beliau bertanya pada saya, “Apakah mbak orang tua murid sekolah sini?”. Lalu saya menjawab dengan santai, “Bukan, bu. Anak saya belum sekolah di sini, bu.” Saya berkata belum sekolah di sini, karena ada harapan nantinya anak saya bisa sekolah di sini. Hehehe….😀 Beliau juga berkata seperti telah sering melihat saya tetapi tak tahu entah di mana. Hehehe. Beliau menanyakan username instagram saya, lalu beliau follow (ikuti) akun Instagram saya, dan saya follow back (ikuti balik) akun Instagram beliau.


Joglo YIS

Joglo dan taman bermain YIS

Beliau juga bercerita bahwa YIS telah ada sejak sekitar 30 tahun yang lalu dan dahulu YIS bernama Yogyakarta International School. Karena pemerintah pada saat itu melarang sekolah internasional menggunakan kata internasional, maka Yogyakarta International School berubah menjadi Yogyakarta Independent School. Selain itu, kami juga mengobrol tentang kurikulum dan lulusan siswa yang bersekolah di sekolah internasional ini. Obrolan ringan yang cukup menarik, namun sayangnya, sesi istirahat telah selesai, kami segera melanjutkan sesi berikutnya, yaitu pameran dari PYP (Primary Years Programme).


Saya berfoto bersama bapak Richard Frenkel, selaku Pembina Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY) dan ibu Decita, seorang wali murid YIS.


Tetapi, sebelum saya melihat pameran hasil proyek sains anak-anak SD, saya menyempatkan untuk meminta ijin memotret ibu/wali siswa YIS tersebut. Kebetulan di saat bersamaan, datang seorang Pembina Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY), yaitu Bapak Richard Frenkel, atau biasa dipanggil pak Rik. Beliau menyapa dan mengobrol dengan saya dan seorang wali murid yang baru saja saya mengenalnya. Singkat cerita, lalu kami bertiga berfoto bersama.


Ruang pameran sains Primary Years Programme (PYP)


Early Years & Primary Years Programme

Pada Early Years dan Primary Years Programme, para siswa mempresentasikan proyek mereka. Proyek sains tersebut, antara lain: The Science of Plant Colours oleh siswa TK (Early Years), Five Senses Observation oleh siswa kelas 1 dan 2, biodiversity board games oleh siswa kelas 3 dan 4, serta Ecological Food Chains Interactive Game oleh siswa kelas 5 dan 6.


Popcorn Sensory Observations Science Project

Habitat Science Project

Migration & Innovation Science Project


Planting Science Project




Pada sesi ini, para guru dari jenjang TK dan SD turut mendampingi para siswa. Salah satu pembelajaran di sekolah ini yang membuat saya tertarik adalah siswa didorong untuk menciptakan atau membuat sesuatu proyek sains, sehingga siswa tidak melulu disuguhi sebuah karya yang telah dibuat oleh guru, tetapi juga harus bisa berkreasi menciptakan pelajaran yang interaktif dan menarik, seperti membuat Board Game tentang suatu tema pelajaran yang dipelajari.




Animal Adventure Board Game

Sponge Adventure Board Game



Middle Years & Diploma Programme

Di sesi terakhir adalah penutup dari rangkaian event YIS Science Fair 2022. Sesi ini merupakan presentasi dan demo hasil karya dari para siswa kelas menengah pertama dan siswa kelas menengah atas (Middle Years Programme dan Diploma Programme). Pada sesi ini, terdapat 5 proyek yang dipresentasikan, yaitu The Science of Light and Colour oleh siswa kelas 7, Science Influencers oleh siswa kelas 8, Distillation oleh siswa kelas 9, Pendulum Art and Fireworks oleh siswa kelas 11, The Science Behind 3D Glasses oleh siswa kelas 12. Nah, pada event kali ini, siswa kelas 10 menjadi panitia. Mereka bertugas mengantar para pengunjung pameran yang datang ke tiap booth atau stand yang ada.










Pada sesi terakhir ini, saya mencoba untuk melukis abstrak dengan metode Pendulum Art yang dipresentasikan oleh siswa kelas 11, yang mana dipraktikkan secara kolaborasi dengan para siswa jenjang PYP. Para siswa PYP mengantri untuk bergiliran mengayunkan botol berisi cat air yang digantungkan pada ring basket. Saya pun juga ikut menunggu giliran mencoba mempraktikkan seni Pendulum, yang merupakan gabungan antara seni, fisika dan kimia.



Kurikulum International Baccalaureate (IB)

YIS adalah satu-satunya sekolah berkurikulum IB di Yogyakarta.
Berbicara sedikit tentang kurikulum yang digunakan di sekolah internasional ini adalah kurikulum IB atau International Baccalaureate. Kurikulum ini bersifat mengedepankan berpikir kritis (Critical Thinking). Di dalam kurikulum IB, siswa akan lebih sering melakukan observasi dan praktik dalam kegiatannya sehari-hari, termasuk melalui science project yang mereka buat untuk event Science Fair 2022 ini. Seluruh siswa mendemonstrasikan langsung hasil eksperimen sains-nya. Siswa di YIS dengan kurikulum IB ini juga melakukan tugas akhir. Kurikulum ini bahkan membantu berkontribusi positif untuk lingkungan dan budaya.




YIS Soccer Field (Lapangan Sepak Bola Sekolah Internasional Yogyakarta)

Hal lainnya di sekolah internasional ini yang membuat saya terpukau adalah fasilitas lapangan sepak bola yang sangat luas dan tentu saja lapangan sepak bola berstandar internasional.







Di event Science Fair 2022, selain bisa melihat pameran sains yang telah dibuat oleh anak-anak sekolah internasional tersebut, saya juga dapat sekaligus survei sekolah untuk usia dini (Early Years), khususnya TK. Kebetulan juga saya sedang mencari referensi sekolah TK (Kindergarten) untuk anak saya, Alisha yang sebentar lagi akan masuk TK. Ya, siapa tahu aja kan, kelak saya dan suami ada rejeki lebih dan diberikan kemampuan finansial yang sangat cukup untuk menyekolahkan Alisha di Yogyakarta Independent School ini. Aamiin. Hehehe.😁






Buat kalian para orang tua yang sedang bingung memilihkan sekolah terbaik dan ingin menyekolahkan anak di sekolah yang tepat untuk anak, bisa langsung datang ke Yogyakarta Independent School (YIS) untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang fasilitas, biaya sekolah, bagaimana proses pembelajarannya, dan hal-hal lainnya terkait YIS, atau dapat juga kunjungi website https://yis-edu.org dan akun instagramnya @yogyakartaindependentschool https://instagram.com/yogyakartaindependentschool https://instagram.com/yogyakartaindependentschool atau via WhatsApp +628112632442.

Demikian ulasan mengenai YIS Science Fair 2022, terima kasih, semoga bermanfaat. 😊

16 komentar untuk "Science Fair 2022 - Yogyakarta Independent School (YIS)"

  1. Mbak bagus banget eventnya. Ajakin dong kalo ada event ginian. Seruuu 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seruu mbak..makasih ya mbak udah mampir di blog aku.

      Hapus
  2. Seru sekali kegiatan Science Fair 2022 di YIS. Sekolahnya pun keren nih, boleh deh aku kepoin web dan IG nya, yah Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yah mbak udah berkenan baca postingan artikel ini. Iya seru sekali mbak. Sekolahnya memang keren, silahkan bisa check web dan IGnya.

      Hapus
  3. Aamiin aamiin semoga tercapai diberikan rezeki supaya anaknya bisa bersekolah di sini mbaa, bagus banget ya sekolahnya 🥰🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Ya Robbal'alamin...Makasih bund do'anya... do'a baik kembali untuk bunda Florensia.

      Hapus
  4. aamiin..terima kasih do'anya...terima kasih juga sudah baca tulisan saya ini... semoga kita sama-sama diberikan kesempatan untuk menyekolahkan anak di sekolah terbaik dan tepat untuk anak-anak kita ya bund. aamiin

    BalasHapus
  5. Sejak anakku mau masuk SD tahun depan, jadi suka lihat-lihat sekolah. Lihat YIS ini seru, dari fasilitas, program dan event2nya mendukung kemajuan siswa bgt. Pasti anak-anaknya nggak hanya pintar akademik, tp juga kreatif. Lengkap pula ya dari TK sampai SMA :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga lagi suka lihat-lihat sekolah untuk anakku yang tahun ini mau masuk TK, hehe.. Semoga kita diberikan kemudahan yah bund untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak kita.Aamiin....Btw siswa-siswa di YIS, pada aktif, kreatif, berwawasan global, berakhlak dan berkarakter baik. Keren banget aku lihat & tanya-tanya siswa, guru, wali murid di sana..

      Hapus
  6. Seru banget yah kegiatannya, dan ternyata sudah 30 tahun, pasti udah mencetak banyak generasi yang luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah seru banget. Aku pun belum lama tahu kalau ternyata sekolah YIS itu sudah ada 30 tahunan di Jogja. Hehe

      Hapus
  7. Aku lagi suka survey ke banyak sekolah karena si kakak mau sd. Liat ini seru bgt. Eventnya menarik. Kliatan sekolahnya ga cuma concern sama akademik tp jon akademik jg bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga lagi suka survey sekolah-sekolah gitu untuk anakku yang baru mau masuk TK tahun ini. Hehehe. Semoga kita bisa ya memasukkan anak-anak kita sekolah di YIS. Aamiin...

      Hapus
  8. Aku lagi suka survey ke banyak sekolah karena si kakak mau sd. Liat ini seru bgt. Eventnya menarik. Kliatan sekolahnya ga cuma concern sama akademik tp jon akademik jg bagus :)

    BalasHapus
  9. Science Fair 2022 di YIS ajang untuk generasi muda mengembangkan ilmu dan kemampuan. Semoga kegiatan bermanfaat ini terus diadakan dan makin berkembang lagi ya.

    BalasHapus
  10. Iya, aamiin... Terima kasih do'a dan semangatnya.

    BalasHapus