Kopi Plosok Jogja, Makan Sego Thiwul Sambil Ngopi Santai - Bunda Cory - Berbagi Cerita Seputar Parenting Dan Lifestyle
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kopi Plosok Jogja, Makan Sego Thiwul Sambil Ngopi Santai

Ngobrolin tentang kuliner di kota Yogyakarta Istimewa, memang nggak akan ada habisnya ya, selalu ada aja kuliner unik dan menarik yang patut dicoba. Banyak bermunculan tempat kuliner lokal, maupun gaya internasional di kota Jogja. Kali ini bundacory akan memberikan rekomendasi salah satu tempat makan dan ngopi (minum kopi) santai yang cocok untuk kumpul keluarga, teman, kerabat, dan lain-lain dengan nuansa alam. Pada akhir pekan lalu, aku mendapatkan undangan dari Komunitas Blogger Jogja untuk mengunjungi Kopi Plosok Sego Thiwul.

Kebon Krapyak Cottage



 Kopi Plosok Sego Thiwul

Kopi Plosok merupakan nama kafe dengan sajian menu utama kopi dari plosok dengan taste millenial dan hidangan lokal Sego Thiwul. Lokasi Kopi Plosok Sego Thiwul yang berada tepat di pinggir Jalan Raya Krapyak RT 03/RW 54 Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan bagian dari Kebon Krapyak Cottage. Walaupun lokasinya menjadi bagian dari cottage, jangan khawatir, harga makanan dan minumannya masih terjangkau. Lokasi Kopi Plosok Sego Thiwul dan Kebon Krapyak Cottage ini sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata Kaliurang, Gunung Merapi, objek wisata lainnya dan tidak jauh juga dari pusat kota Yogyakarta.




Ngomong-ngomong soal sego thiwul nih, apakah kalian tahu Sego Thiwul gaes? Sego Thiwul itu bahasa indonesianya adalah nasi Thiwul. Thiwul itu adalah makanan khas Gunungkidul yang terbuat dari singkong yang dikeringkan lalu dihaluskan. Unik yah namanya. Selama ini kita makan Thiwul tanpa ditemani nasi ya dan rasa thiwulnya itu manis dengan taburan parutan kelapa muda. Nah, kali ini beda. Sego Thiwul di Kopi Plosok ini bercita rasa gurih, dicampur dengan nasi putih dan aneka lauk pauk seperti tumis daun singkong, oseng teri lombok hijau, oseng wader lombok hijau, mangut lele, sayur tempe lombok hijau, kerupuk serta sambal sebagai pelengkapnya. 



Menu Di Kopi Plosok

Menu utama yang disajikan di Kopi Plosok Sego Thiwul tentu saja sesuai namanya, yaitu kopi dan sego thiwul. Ada banyak macam varian minuman kopi, antara lain: kopi plosok (hot/ice), kopi susu plosok (hot/ice), es kopi susu jaman londo, es kopi susu float, espresso dan lain-lain. Ada juga minuman non kopi yaitu wedang jahe anget, wedang empon-empon, teh (hot/ice), saparela dan lain-lain. Untuk menu makanannya selain sego thiwul polos, sego thiwul komplit, sego goreng thiwul, ada juga paket nasi ayam goreng presto penyet lombok merah, mie goreng spesial, seblak mie, bakso Hj. Sony, bakso cikruh dan bakso jewol. Aneka lauk pauknya meliputi dadar kimbul crispy, lele mangut, wader lombok ijo, ayam suwir kemangi, ayam goreng, bebek goreng, ayam kampung goreng, ayam goreng presto penyet dan lain-lain. Menu sayurnya antara lain tumis sawi putih, oseng daun singkong/pepaya, dan sayur tempe lombok ijo. Tak hanya itu saja, ada berbagai macam snack juga, antara lain: tahu walik, donat kentang, onion ring, bakpao dan dimsum.

Daftar Menu Makanan di Kafe Kopi Plosok

Daftar Menu Minuman di Kafe Kopi Plosok

Kebon Krapyak Cottage

Tidur? Nyenyak! - Makan? Enak! - Ngopi? Ueeenak! di mana?? Kebon Krapyak Cottage jawabannya.
Nah, ini dia bagian menarik lainnya yang menyita perhatianku yaitu penginapan tradisional ala cottage dengan suasana alam yang sejuk, menyegarkan, dan menenangkan, sangat cocok deh bagi kalian yang menyukai ketenangan.

Fasilitas di Kopi Plosok dan Kebon Krapyak Cottage

Fasilitas cukup lengkap, ada mushola, halaman parkir cukup luas untuk mobil dan motor.

Nah, bagaimana? Nggak perlu bingung lagi ya sekarang cari penginapan jika main ke Jogja dan cari tempat santai bareng keluarga, teman atau bestie, langsung saja datang ke Kebon Krapyak Cottage! 😊😍

Posting Komentar untuk "Kopi Plosok Jogja, Makan Sego Thiwul Sambil Ngopi Santai"